Nama : Dani Permana
Kelas : 3DA01
NPM : 41211718
Peran Potensial Informasi Strategis Dalam
Memberikan Keuntungan Bagi Perusahaan
Informasi
Strategis digunakan untuk mengambil keputusan jangka panjang, mencakup
informasi eksternal (tindakan pesaing, langganan), rencana perluasan perusahaan
dan sebagainya. Informasi strategis sangat memiliki peranan penting dalam
perusahaan untuk memperoleh keuntungan.Agar informasi strategis dapat bersaing
secara kompetitif,maka dibutuhkan sistem informasi strategi sistem Informasi
Strategis (SIS) adalah
dukungan terhadap sistem yang ada dan membantu dalam mencapai keunggulan
kompetitif atas pesaing organisasi dalam hal adalah tujuan.Sistem Informasi
dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan secara keseluruhan sehingga
dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya.
Sistem Informasi dapat dipandang secara
strategis yaitu sebagai :
* Jaringan kompetitif vital (pembaharuan organisasi)
* Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya
Peranan Strategis Sistem Informasi
* Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
* Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
* Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Sistem Informasi Strategis (Strategisc Information Systems)
* Sistem Informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategis bagi suatu perusahaan
* Suatu perusahaan dapat bertahan dan sukses alam jangka panjang jika ia mampu mengembangkan strategi dalam menghadapi lima macam kekuatan kompetitif yang membentuk struktur kompetisi di dalam industrinya
* Jaringan kompetitif vital (pembaharuan organisasi)
* Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya
Peranan Strategis Sistem Informasi
* Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
* Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
* Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Sistem Informasi Strategis (Strategisc Information Systems)
* Sistem Informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategis bagi suatu perusahaan
* Suatu perusahaan dapat bertahan dan sukses alam jangka panjang jika ia mampu mengembangkan strategi dalam menghadapi lima macam kekuatan kompetitif yang membentuk struktur kompetisi di dalam industrinya
-Peran strategis Sistem Informasi
Contoh Penggunaan Sistem Informasi (Teknologi Informasi) untuk menerapkan strategi kompetitif
– Biaya rendah :
* Sentralisasi dalam pembelian
* Pengawasan yang lebih efektif
– Menciptakan perbedaan :
* Analisis kebutuhan pelanggan berbasis komputer
* Customer online shipment tracking
- Inovasi :
* Customer order entry
* Online package tracking
- Mendorong pertumbuhan :
* Jaringan telekomunikasi global
* POS inventroy tracking
* Meningkatkan kualitas dan efisiensi
-Manfaat strategis penggunaan TI
- Meningkatkan operasi bisnis
- Mempromosikan inovasi bisnis
- Mempertahankan pelanggan dan pemasok
- Membentuk biaya pengganti (Switching cost)
- Membentuk tembok penghalang bagi pendatang baru
- Membangun suatu ‘platform” TI strategis
- Mengmbangkan basis informasi strategis
Hasil potensial dari penggunaan strategi sistem
informasi
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Memperkenalkan inovasi bisnis
- Membangun sumber informasi strategis
- Meningkatkan produktivitas dan menurunkan
biaya operasi.
- Produk atau jasa baru.
- Informasi strategis database.
- Meningkatkan kualitas dan fitur produk
serta jasa.
- Pasar dan usaha baru, pengaturan usaha.
- Sumber teknologi informasi strategis dan
kapabilitas.
- Meningkatkan proses operasional dan
lingkungan kerja.
Pelaku strategis Sistem Informasi.
• Interpersonal roles (aktivitas antar
pribadi) :
Ø
Figurehead (kepala), melaksanakan tugas-tugas seremonial;
Ø
Leader (pemimpin), memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta
memberikan dorongan dan motivasi;
Ø
Liaison (penghubung), menjalin hubungan dengan orang-orang di luar unit, rekan
kerja di unitnya dengan tujuan menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
• Informational roles (aktivitas
informasi) :
Ø
Monitor (pemantau), secara tetap mencari informasi kinerja unit;
Ø
Disseminator (pewarta), meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di
dalam unitnya;
Ø Spokesperson (juru bicara), meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang di luar unit – pimpinan dan orang disekitarnya.
Ø Spokesperson (juru bicara), meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang di luar unit – pimpinan dan orang disekitarnya.
•
Decisional roles (aktvitas keputusan) :
Ø
Entrepreneur (wirausahawan), membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen
pada unit, misal : mengubah struktur organisasi;
Ø
Disturbance handler (pemberes gangguan), mampu bereaksi pada kejadian-kejadian
tidak terduga;
Ø
Resource Allocator (pembagi sumberdaya), mampu mengendalikan pengeluaran
unitnya, menentukan alokasi sumberdaya bagi unit bawahannya;
Ø
Negotiator (perunding), mampu menengahi perselisihan baik di dalam unitnya
maupun antar unit dan lingkungannya.
http://agenkzz.blogspot.com/2010/11/sistem-informasi-strategis-resume-pti.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar