Nama:
Dani Permana
Kelas:
3DA01
NPM:
41211718
PERANAN PEMROSESAN KOMPUTER DALAM PEMECAHAN MASALAH
PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi?.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Berdasarkan
fungsi dan proses inilah , komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang
dihadapi oleh manusia. Dalam pemakaiannya, computer tidak dapat berdiri
sendiri. Tetapi diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’ kerja-kerja
computer.
PEMBAHASAN
- 1. Komputer
Komputer
adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil
pengolahan serta dapat menjalankan system multimedia (film,musik,
televisi,fasimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran,
unit penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Berdasarkan
generasinya komputer terbagi menjadi empat masa, yaitu :
- Komputer
Generasi Pertama (1946-1959),
- Komputer
Generasi Kedua (1959-1964),
- Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970),
- Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang).
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data
untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang
elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,demikian
juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia(brainware)
yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Berdasarkan data yang diolah, ada tiga golongan komputer
yaitu :
a) Komputer Analog,
b) Komputer Digital dan
c) Komputer Hybrid.
Sedangkan berdasarkan penggunaannya ada komputer untuk
tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum. Berdasarkan kapasitas dan
ukurannya ada enam golongan komputer yaitu :
a) Komputer Mikro,
b) Komputer Mini,
c) Komputer Kecil,
d) Komputer Menengah,
e) Komputer Besar dan
f) Komputer Super.
2. Peran komputer dalam pembelajaran
Menurut
Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan
memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
- Hubungan
Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua
orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan
meningkatkan minat terhadap media.
- Pengulangan
: Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang
materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan
komputer seperti musik, video.
- Feedback
and Reward : Dengan
komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu
saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan
baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan
seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan
dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk
meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
3. Contoh Bentuk-bentuk pembelajaran dengan Meggunakan
Ada
berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer.
Contohnya adalah sebagai berikut :
- Pembelajaran
dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan
program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik,
menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang
bervariasi. (schule.bayern.de)
- Pembelajaran
dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai
macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
- Pembelajaran
dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu
gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar,
komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
- Pembelajaran
dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft
Office.
- Pembelajaran
dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan
dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga
diperlukan.
- Pembelajaran
dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu
komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses
pembelajaran dapat diselenggarakan secara online dan
materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
4. Hambatan – Hambatan Pemanfaatan Komputer dalam
Proses Pembelajaran
Beberapa Pertimbangan pemanfaatan Komputer ke dalam proses
pembelajaran Ada beberapa hambatan yang perlu digaris bawahi berkaitan dengan
pemanfaatan komputer untuk pembelajaran. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya
adalah:
1) penolakan/keengganan untuk berubah (resistancy to
change) khususnya dari policy maker (kepala sekolah dan
guru);
2) kesiapan SDM (ICT literacy dan kompetensi
guru);
3) ketersedian fasilitas komputer;
4) ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber; dan
5) keberlangsungan (sustainability) karena
keterbatasan dana.
Penyiapan SDM; sekolah mengembangkan ICT
literacy para guru dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan komputer
kedalam pembelajaran (termasuk berbagai strategi/metode pembelajaran yang
efektif). Bila perlu guru mengadopsi atau mengadaptasi strategi pembelajaran
yang telah terbukti efektif dan mengkomunikasikannya dengan kolega. Bila
perlu mengembangkan sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan,
pengiriman mengikuti loka karya atau seminar, terlibat aktif dalam komunitas
jaringan sekolah dan lain-lain.
Penyiapan fasilitas; sekolah menyiapkan fasilitas yang
kondusif agar terjadinya belajar berbasis aneka sumber dengan menyiapkan
beberapa fasilitas seperti perpustakaan (cetak dan non-cetak), komputer yang
terhubung dengan LAN, koneksi internet, VCD/DVD player plus televisi, serta
komposisi ruang kelas. Penyediaan software pembelajaran; penyediaan software
pembelajaran seperti buku, modul, LKS, program audio cassette, VCD/DVD, CD-ROM
interaktif, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara membeli produk yang
telah ada di pasar atau memproduksi sendiri.
KESIMPULAN
Dalam sebuah computer terdaapat komponen-komponen yang
saling mendukung agar dapat terjadinya suatu pemrosesan data yang di input
menggunakan alat input dan di tampilkan menggunakan alat output.Disamping itu
sebuah system operasi mempengaruhi sebuah pemrosesan di CPU karena system
operasi sama halnya dengan otak pada manusia yang mengatur segala proses input
output dan penyimpanannya.
Proses
kerja komputer secara sederhana adalah :
Proses pertama: Menerima perintah yang User masukan melalui
perangkat input seperti keyboard dan mouse.
Proses kedua: Mengolah perintah yang sudah diterima dari
User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah prosesor atau juga
sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga bagian penting
yaitu:
-Control Unit(CU)=Mengontrol semua kerja perangkat yang
terpasang dalam komputer
-Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU.
-Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU.
-Memory Unit(MU)=Sebagai unti pendukung, dimana proses yang
sering dilakukan oleh prosesor sementara akan tersimpan dalam unit ini.
Proses ketiga: Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang
sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan
tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan
melalui perangkat output lain.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar