Nama:
Dani Permana
Kelas:
3DA01
NPM:
41211718
PENDAHULUAN
Informasi adalah salah satu dari lima jenis
utama sumber dayayang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk
informasi dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting seiring dengan rumitnya
kegiatan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi
pelayanan yang memuskan pada para pelanggan. Pengelolaan informasi juga lebih
menantang sejalan dengan perkembangan kemampuan komputer saat ini.
Output
komputer digunakan oleh berbagai pihak untuk bahan pengambilan
keputusan, terutama seorang manajer dalam suatu perusahaan. Saat para manajer
melakukan fungsi dan perannya, memerlukan dukungan informasi yang akurat, cepat
dan tepat agar dapat melakukan tugasnya secara efektif. Hal ini akan terwujud
apabila manajer memiliki keahlian dalam bidang komunikasi dan pemecahan masalah
dengan pengetahuan tentang komputer dan informasi.
Selanjutnya pengelolaan
informasi akan merupakan sebuah sistem, yang saling tergantung
sekaligus bersinergi antar berbagai komponen yang
membentuk sistem tersebut. Sistem ini dikenal dengan system informansi.
Karena digunakan untuk membantu manajer dalam mengambil kebijakan
maka disebut dengan sistem informasi manajemen.
membentuk sistem tersebut. Sistem ini dikenal dengan system informansi.
Karena digunakan untuk membantu manajer dalam mengambil kebijakan
maka disebut dengan sistem informasi manajemen.
PEMBAHASAN
Pengertian Sistem Informasi
Manajemen
Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris,Manajement Information System MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian
internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi,dan prosedur oleh akuntansi
manajemen untuk
memecahkan masalah bisnis seperti biaya
produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem Informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang
diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini
umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan
keputusan manusia, misalnya sistem
pendukung keputusan, sistem pakar,
dan sistem informasi eksekutif.
Pengertian Data
Data adalah bahan yang akan diolah
atau diproses yang bisa berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol yang
menunjukan suatu situasi dan lain-lain yang berdiri sendiri atau merupakan
kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
Menurut Robert N.antony dan John Dearden,
Data adalah :
‘ Bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item’.
dan
“ Data Merupakan kenyataan yang menggambarkansuatu
kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.” (Jogyanto, Analisis dan desain Sistem
Informasi;8 ).
Keberadaan suatu data sangat menunjang terhadap informasi,
karena data merupakan bahan mentah yang diperlukan oleh pengambil keputusan,
untuk lebih meeyakinkan bahwa data tidak dapat terlepas dari dari informasi
dapat dilihat dari definisi mengenai informasi.
Pengertian sistem
Suatu sistem sangatlah dibutuhkan
dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintahan, karena sistem sangatlah
menunjang terhadap kinerja perusahaan atau instansi pemerintah, baik yang
berskala kecil maupun besar. Supaya dapat berjalan dengan baik diperlukan
kerjasama diantara unsure-unsur yang terkait dalam sistem tersebut.
Ada berbagai
pendapat yang mendefinisikan pengertian sistem, seperti dibawah ini :
“Sistem adalah suatu jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”.(Jogiyanto,2005,1).
Proses Manajemen
Proses
manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan
akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh
karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari
peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus
diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya
untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara
berbagai alternative disebut dengan proses
pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara
perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan
dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa
rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan
fungsi pengendalian.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen
·
Menyediakan
informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan
tujuan lain yang diinginkan manajemen.
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam
perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan.
Manfaat
Sistem Informasi Manajemen
Beberapa
manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah
sebagai berikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.
Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem
informasi secara kritis.
3.
Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.
Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem
informasi.
5.
Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
SISTEM INFORMASI
ORGANISASI (SIO)
Sistem informasi pada suatu organisasi dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan akan informasi yang berhubungan dengan bagian-bagian
tertentu dari organisasi.
Sistem
informasi organisasi diterapkan pada area-area bisnis perusahaan—keuangan,
sumber daya manusia, layanan informasi, manufaktur, dan pemasaran—untuk
membantu para manjer dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
KESIMPULAN
Jadi dari beberapa definisi tersebut, dapat dirangkum bahwa
Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem
informasi yang menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan
manajemen.
Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat
dalam pengambilan keputusan, yaitu tindakann memilih alternative
tindakan. Keputusan adalah tindakan tertentu yang di pilih. Biasanya
pemecahan masalah akan membutuhkan beberapa keputusan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar