Sabtu, 10 Maret 2012

Laporan Hasil Kuliah Lapangan

Laporan Hasil Kunjungan
1.                 Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang, SPBU Pengisian Perut







Lembang, kota sejuk di pegunungan, berjarak 16 km dari Kota Bandung. Pagi penggemar wisata alam, pelancong ibu kota, pasti cukup menggenal Kota Lembang dengan sejuta pesonanya. Terhampar pemandangan alam nan indah, kesejukan udara, dan berbagai wahana hiburan untuk anak-anak bermain di alam, seperti outbond, kebun strawberi, dan lain sebagainya. Bagi penikmat kuliner pun tak ketinggalan, berbagai olahan khas tataran parahyangan banyak dijumpai disini. Berbagai obyek wisata tersebut menjadikan Kota Lembang dipenuhi gedung-gedung, baik berupa hotel, villa, penginapan, dan tempat singgah yang asri nan indah.
Bagi anda penggemar kuliner, dan bila sudah pernah menginjakkan kaki dan menghirup segarnya alam Lembang, tentunya tak asing lagi jajanan yang satu ini, yakni Tahu Susu Lembang. Ya, diproduksi pertama kali pada tahun 2006, hingga kini telah berkembang menjadi empat kuliner "wajib" bila Anda berada di Kota Lembang, berada tepat setelah pintu gerbang ucapan selamat datang di Kota Lembang dari arah Bandung, dengan menempati areal cukup luas. Sehingga memngkinkan untuk kendaraan kecil maupun besar, seperti bus, untuk masuk di dalamnya. Tahu Susu Lembang, bergitu namanya, seperti tahu pada umumnya diolah dan diproduksi. Perbedaannya terletak pada campuran, yaitu dengan memadukan murninya susu sapi sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda pada tahu lembang.




 Di tempat ini, tahu susu lembang diproduksi, sekaligus dipasarkan dan diolah berbagai masakan khan tahu. Anda dapat merasakan dan menikmatinya sesuai selera, seperti Batagor, Kupat Tahu Susu, Gorengan Tahu, Siomay Tahu Susu, dan berbagai macam olahan lainnya, khususnya khas tanah pasundan. Jadi, bila Anda mengisi waktu liburan dan senang berburu kuliner, tentunya tidak melewati kenikmatan tahu susu lembang ini.
Jika dilihat dari jauh pasti Anda akan berfikir tempat ini adalah pom bensin. Tapi jika dilihat dari dekat, dan membaca plang nama nya, yang tertera bukanlah “SPBU” seperti biasanya tertera di pom bensin, melainkan “Tahu Lembang”. Sebagian orang memang terkecoh melihat tempat ini yang mirip dengan pom bensin, padahal sebenarnya tempat ini adalah drive-thru tahu lembang. Bukan hanya makanan cepat saji atau ATM yang dapat drive-thru, saat ini membeli tahu pun bisa.
Berlokasi di Lembang, tempat ini berdiri sejak Desember 2008, luas tempat sekitar 2 hektar. Bukan hanya menjual tahu yang dapat dibeli melalui drive-thru saja, terdapat juga makanan-makanan tradisional lainnya. Selain itu, pengunjung pun dapat melihat proses pembuatan tahu, dari awal hingga pengemasan.
Selain itu, tahu yang dijual di tempat ini berbeda dengan tahu pada umumnya, selain berbahan dasar kedelai, tahu ini juga menggunakan campuran susu sapi segar dalam olahannya, karenan itulah tahu ini terasa lembut jika dimakan, tahu ini juga dikenal dengan nama Tahu Susu Lembang.
Tahu Susu Lembang dimiliki oleh Ferry Kristianto yang awalnya adalah seorang pengusaha factory outlet dan merambah dunia kuliner dengan mendirikan Tahu Susu Kuliner. Mengapa dipilih tahu sebagai menu utama dari tempat ini?. “Tahu merupakan makanan yang sudah turun temurun dikenal oleh negara kita sehingga memudahkan untuk mengenalkan komoditas makanan ini” ujar Muhidin, marketing public relation Tahu Susu Lembang. Ide mencampurkan susu dalam tahu ini sendiri murni dari hasil pemikiran Ferry sendiri yang ingin bereksperimen dengan memperlembut tekstur tahu dengan menambahkan susu murni segar ke dalam campuran tahu. Ferry pun memiliki karyawan sebanyak 40-70 karyawan yang setiap hari bekerja untuk membuat tahu susu lembang.

Di Lembang sendiri banyak berdiri pabrik tahu, namun tahu yang menggunakan campuran susu sapi murni hanya ada di tempat ini, inilah yang menjadi nilai tambah dari tempat ini. Berbagai macam bentuk tahu dibuat disini, seperti tahu panjang, kotak, dan tahu kasur. Selain bentuk, rasa tahu di tempat ini bermacam-macam seperti tahu rasa barbeque,keju, dan pedas.
Tahu Susu Lembang tidak hanya memiliki tahu sebagai andalannya, tempat ini sendiri juga dirancang sebagai wahana rekreasi keluarga dengan berbagai macam fasilitas hiburan yang dapat mengakomodasi semua itu. Permainan di tempat ini juga terhindar dari kesan monoton, karena setiap tiga bulan sekali diadakan evaluasi untuk memuaskan keinginan pelanggan. Tahu Susu Lembang buka di hari biasa mulai dari pukul 09.00 – 20.00 WIB dan di hari libur mulai dari 09.00 – 22.00 WIB.

seperti biasanya tertera di pom bensin, melainkan “Tahu Lembang”. Sebagian orang memang terkecoh melihat tempat ini yang mirip dengan pom bensin, padahal sebenarnya tempat ini adalah drive-thru tahu lembang. Bukan hanya makanan cepat saji atau ATM yang dapat drive-thru, saat ini membeli tahu pun bisa.
Berlokasi di Lembang, tempat ini berdiri sejak Desember 2008, luas tempat sekitar 2 hektar. Bukan hanya menjual tahu yang dapat dibeli melalui drive-thru saja, terdapat juga makanan-makanan tradisional lainnya. Selain itu, pengunjung pun dapat melihat proses pembuatan tahu, dari awal hingga pengemasan.
Selain itu, tahu yang dijual di tempat ini berbeda dengan tahu pada umumnya, selain berbahan dasar kedelai, tahu ini juga menggunakan campuran susu sapi segar dalam olahannya, karenan itulah tahu ini terasa lembut jika dimakan, tahu ini juga dikenal dengan nama Tahu Susu Lembang.
Tahu Susu Lembang dimiliki oleh Ferry Kristianto yang awalnya adalah seorang pengusaha factory outlet dan merambah dunia kuliner dengan mendirikan Tahu Susu Kuliner. Mengapa dipilih tahu sebagai menu utama dari tempat ini?. “Tahu merupakan makanan yang sudah turun temurun dikenal oleh negara kita sehingga memudahkan untuk mengenalkan komoditas makanan ini” ujar Muhidin, marketing public relation Tahu Susu Lembang. Ide mencampurkan susu dalam tahu ini sendiri murni dari hasil pemikiran Ferry sendiri yang ingin bereksperimen dengan memperlembut tekstur tahu dengan menambahkan susu murni segar ke dalam campuran tahu. Ferry pun memiliki karyawan sebanyak 40-70 karyawan yang setiap hari bekerja untuk membuat tahu susu lembang.




Awal mula Tahu Susu Lembang
Pada tahun 2006 bapak Ferry Khristianto hijrah ke kuliner . awal mulanya membuka usaha yang di beri nama all about strowberi , kemudian membuka lagi rumah sosis ,the rains .kampung baso ,Bali heaven dan saat ini Tahu Susu Lembang yang berdiri sejak 21 Desember 2008,memiliki luas area kurang lebih 2 hektar .
Alasannya bapak Ferry Khristianto memilih di kawasan Lembang di karenakan .
1.       Untuk mendapatkan asupan bahan produksi lebih mudah karena lembang produksi terbaik di Pagalengan .
2.       Bisa dengan sistem  barter 
3.       Mudah di jangkau
4.       Tidak terkena macet ,satu arah jarak alternatif mudah di jangkau .
5.       Pemandangan alam masih sejuk
6.       Cocok untuk memakan makanan hangat
7.       Sapta pesona masih sangat indah inovasi baru susu Lembang Saat ini Tahu Susu Lembang sudah mempunyai karyawan 40-70 orang.omset perhari kurang lebih Rp 100-150 juta . setiap hari bisa 20 kali produksi. Tahu Susu Lembang bisa tahan selama 2 hari karena,tidak memakai pengawet dan zat-zat kimia lainnya.



Visi
Ø  Menciptakan variasi baru yang berbeda dengan tahu-tahu lainnya.
Ø  Melestarikan budaya indonesia agar tidak gengsi makan tahu.

Misi
Ø  Pemilik setiap tahun memberikan inovasi-inovasi yang selalu berbeda .
Ø  Pemilik dan karyawan berusaha menciptakan rasa dan pelayanan yang lebih menarik agar pembeli tidak lari ke tempat lain .

             Fasilitas yang ada di Tahu Susu Lembang :
Ø  Drive thrue tahu
Ø  Pabrik  tahu susu
Ø  Resto
Ø  Jajanan pasar tradisional
Ø  Outbond
Ø  Toko oleh-oleh
Ø  Factory outlet
Ø  Refleksi & fish spa
Ø  Mushola & toilet

BAHAN POKOK TAHU SUSU
      1.      Kacang Kedelai
      2.      Susu Sapi
      3.      Mentega
      4.      Garam
5.      Bawang putih
6.      Kunyit
7.      Air,dan
8.      Bumbu lainnya







Peralatan Yang Digunakan Dalam Produksi :
1.      Tong pencucian kedelai;
2.      Mesin giling;
3.      Tunku perebusan kedelai;
4.      Tong kayu;
5.      Saringan besar dan kecil;
6.      Serok cetak;
7.      Cetakan;
8.      Kayu pengaduk;
9.      Tangok;
10.  Kain saringan;
11.  Kain cetakan;
12.  Tampir.

Tahapan Proses Produksi :
1.      Kacang kedelai direndam selama kurang lebih 4 jam;
2.      Kemudian dicuci hingga bersih;
3.      Setelah itu digiling hingga lembut;
4.      Perebusan kacang kedelai yang sudah digilin kurang lebih 1 jam sambil diaduk-aduk.
5.      Kacang kedelai disaring, dipisahkan antara ampas dan sari kedelai.
6.      Sari kedelai dicampur susu murni, mentega, garam, serta biang.
7.      Setelah mengental sari kedelai dimasukkan ke dalam cetakan kayu lalu di pres.
8.      Setelah di cetak tahu susu dipotong-potong sesuai ukuran.
9.      Tahu yang sudah di potong-potong lalu di ebus kembali sambil diberi bumbu.
10.  Setelah dingin tahu dibungkus, dan siap diolah untuk konsumsi langsung.


 STRATEGI PEMASARAN
Dalam memasarkan produknya, TSL menerapkan sistem tunggu bola. Artinya, mereka akan diam di satu tempat dan membiarkan konsumen yang datang langsung ke tempat mereka untuk membeli tahu susu tersebut. Selain itu, TSL juga menjalin bekerjasama dengan beberapa agen tour & travel untuk mempromosikan tempat wisata TSL ini. Karena sang pemilik Tahu Susu Lembang ini juga sebelumnya telah membuka rumah makan ditempat lain, maka beliau juga memasarkan produk tahu susu ini ditempat-tempat makan beliau yang lainnya. Untuk saat ini, Tahu Susu Lembang belum memiliki rencana untuk membuka cabang pabrik pembuatan tahu di tempat lain. Pembukaan cabang hanya dilakukan untuk agen pemasaran produk saja.

2.                 CALADI 59 (C59)



Biografi


Nama: MARIUS WIDYARTO
Panggilan akrab: Mas Wiwied
Status: Menikah
Agama: Katholik
Jabatan: Direktur Utama









Pendidikan:
    
  1. SD: Bajarmasin Thn.1963-1969
  2. SMP:  Aloysius Bandung 1969-1972
  3. SMA: Aloysius Bandung 1972-1975
  4. Universitas: Parahyangan Bandung Fak.Ekonomi 1975-1980
Email: wiwied@c59.co.id
Prestasi dan Kegiatan :

  • Mendirikan / merintis Perusahaan t-shirt C59 dari tahun 1980, sekaligus menjadi pemilik.
  • Mengembangkan usaha t-shirt C59 menjadi PT.CALADI LIMA SEMBILAN di tahun 1993, dan disahkan menjadi PT di tahun 1995.
  • Penghargaan Entrepreneur Award dari HIPMI tahun 1993.
  • Penghargaan Upakarti dari Presiden RI Soeharto tahun 1996.
  • Penghargaan Merit Award " Design Best Theme " tahun 1999.
  • Penghargaan ASEAN Development Best Economic Executive Award tahun 2000.
  • Penghargaan Enterprise 50 versi Majalah SWA, Accenture, HIPMI(rangkin 1) "Prestasi Terbaik Kewirausahaan" tahun 2001.
  • Menjadi ketua HDCI (Harley Davidson Club Indonesia) CHAPTER Bandung.
  • Menjadi penasehat ikatan-ikatan Automotive Bandung .
  • Menjadi pembicara pada program "Prapurna Bakti" di PLN, PERTAMINA, BNI, Mandiri, Aneka Tambang, dan Garuda.
  • Menjadi pembicara pada program Kewirausahaan untuk para santri di pesantren Daarut Tauhid (DT) pimpinan K.H Abdullah Gymnastiar (AA Gym).
  • Menjadi pembicara seminar "Entrepreneurship" di Perguruan Tinggi di Indonesia, juga Entrepreneur University (EU), terutama untuk pembekalan sebelum kelulusan.
  • Menjadi pembicara dalam program seminar bersama Yahya B.Sunaryo (DIREXION), Hermawan Kertajaya (MARKPLUS), Renald Khasali (SOLUSI), James Gwee (Academia), dan lain-lainnya.
Dengan pengalamannya sebagai praktisi Kewirausahaan, kami siap membagi pengalaman kami kepada Anda dalam wujud :

  • Pembekalan Kelulusan
  • Kuliah Umum
  • Pembicara SEMINAR
  • Wisata Karya
Visi dan Misi C59 
Visi dan Misi dari C59 adalah sebagai clothing yang menyediakan produk-produk untuk semua umur dan memiliki kualitas yang baik. Adapun misi C59 adalah produk C59 dapat diterima oleh masyarakat dan C59 dapat dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan pesaing lainnya.


Berawal dari keberanian pasangan Marius Widyarto Wiwied (owner c59) dan Maria Goretti (Istri dari mas wiwied), yang membeli satu mesin jahit, dan dua mesin obras, uang yang merupakan hasil dari menjual kado pernikahan mereka pada 12 0ktober 1980 silam, didirikanlah Perusahaan C59. yang kemudian pada setiap tanggal tersebut di peringati hari Ulang tahun  C59, nama perusahaan C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak wiwied, dan ibu Maria pertama kali tinggal, yaitu Caladi no.59, Bandung .
Pada awalnya bisnis C59 pertama kali adalah melayani pesanan  T-shirt bergambar , yang pada masa itu teknik pengerjaannya masih manual, belum menggunakan computer. Baru pada tahun 1985, C59 mulai menunjukan keunggulan dari segi bahan tshirt, jenis sablon, dan teknik pisah warna hingga produknya dapat di kenal di bandung dan Jakarta.
Tahun 1990, C59 semakin berkembang dengan membangun pabrik dan fasilitas modern, bersamaan dengan di bangunnya toko retail (showroom) yang pertama di jalan Tikukur. NO. 10 Periode 1993-1994 C59 berdiri secara sah sebagai perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bpk. Marius WIdyarto Wiwied, sebagai Direktur Utama (hingga saat ini), yang di lanjutkan dengan melakukan ekpansi ke beberapa kota di Indonesia, dengan mendirikan toko sendiri dan menjalin kerja sama dengan Ramayana Department Store sebagai saluran distribusi yaitu: Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, Ujung Pandang, Lampung, Malang.
Tahun 1996 PT C59 memperoleh penghargaan Upakarti untuk kategori Usaha kecil Menengah (UKM), kemudian tahun 1999 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) memenangkan penghargaan internasional Merit Award untuk kategori tema : Kalender Terbaik (Best Calendar Theme). Pada usia yang ke-20 C59 mulai memasarkan produknya ke Eropa Tengah (Ceko, Slovakia dan Germany). Sedangkan untuk mengembangkan pasar lokal nasional, C59 menjalin kerja sama dengan Matahari Department Store. Konsep dan varian produknya  juga berubah dari 'Basic t'shirt'  (kaos oblong) menjadi 'Fashion Apparel' dengan segmentasi kalangan remaja usia 14-24 tahun.

Pada tahun 2001 C59 memperoleh peringkat I (pertama) di ajang penghargaan Enterprise 50 (50 UKM Nasional terbaik) yang diselenggarkan olehAccenture dan Majalah SWA.Kemudian pada tahun 2002-2003 PT. Caladi Lima Sembilan ambil peran dalam trend para kawula muda, dengan mengadakan C59 Street Fiesta, yang digelar di 3 kota besar di jawa, antara lain Bandung, Surabaya, Yogyakarta.
C59 sesuai dengan slogannya "Express Your Style",  C59 ikut ambil  bagaian dalam mengekpresikan Music anak muda,  dalam ajang Indonesian Idol, bekerja sama dengan sebuah RCTI (televisi swasta indonesia) dan Fremantle Media Enterprises, Ltd. (penyelenggara acara reality show dari america).
Dan tahun 2007 C59 mendapat penghargaan Hade award dari Dinas perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity), sebagai pelopor perclothingan di bandung jawabarat.

Ada dua lini bisnis C59, yaitu:

Retail
            Bisnis C59 Retail adalah memasarkan produk C59 yang didesain,dikonsep,dicetak, dan dipasarkan oleh C59. Dengan kata lain, produk asli C59. Untuk menjawab kebutuhan pasar, maka C59 mengembangkan bisnis Retailnya dengan mendirikan showroom dan bekerjasama dengan Outlet-outlet di Indonesia yang berskala nasional(Matahari Dept.Store & Ramayana Dept.Store). Sedangkan showroom-showroom C59 tersebar dibeberapa kota di Indonesia seperti tercantum di "Our Business Location & Distribution".

            Custom Made
Bisnis C59 Custom Made adalah suatu bentuk bisnis dimana Andalah pencipta ide,konsep dan desain. C59 hanyalah perantara untuk menjadikan konsep Anda atau melukiskan konsep Anda kedalam T-shirt, Jacket, Sweater, dan Asesoris. Anda melakukan proses order kepada C59. Lokasi untuk melakukan order sama seperti dalam "Our Business Location & Distribution". Lebih jelasnya silahkan lihat / klik  Custom Made.



Di balik Suksesnya Kaos C59


PT Caladi Lima Sembilan adalah perusahaan yang bergerak dalam industry garmen, khususnya T-Shirt sablon. Resmi berdiri pada tahun 1980, tepatnya 12 Oktober 1980, bertepatan pula dengan pernikahan pasangan  Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati. Pada awalnya modal yang dimiliki perusahaan ini sangat terbatas, karena modal awal yang mereka gunakan untuk membuka usaha bukan hasil pinjaman dari bank, teman ataupun orang tua, melainkan dari hasil penjualan kado pernikahan mereka, sebesar Rp. 2,5 juta. Dengan hanya memiliki dua orang karyawan, sebuah mesin jahit dan satu mesin obras.
Nama C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwid, dan istrinya pertama kali tinggal, yaitu di Jalan “Caladi No.59, Bandung”. Alasannya sangat sederhana, yaitu agar pembeli lebih mudah apabila ingin memesan atau membeli lagi. Yang pada akhirnya dijadikan sebagai komitmen untuk memberikan layanan jasa terbaik, sesuai waktu dan kualitas yang diinginkan konsumen.
Model bisnis yang pertama kali dijalankan Pak Wiwid dan istrinya ini  adalah dengan melayani pesanan T-shirt bergambar (sablon) dari perorangan, sekolah-sekolah, perguruan tinggi maupun instansi Pemerintahan di Bandung. Pak Wiwid tidak hanya mendesai dan menyablon saja, tapi juga mengerjakan semuanya. Mulai dari menerima pesanan, membeli bahan, mencelup, menggunting, menyablon, menjahit, sampai mengemas. Walaupun pada saat itu pengerjaannya masih manual belum menggunakan computer.
Kemudian pada tahun 1985, C59  mulai menunjukan keunggulan dari segi bahan tshirt, jenis sablon, dan teknik pisah warna. Di samping itu C59 juga sangat memperhatikan kepuasan pelanggan, dengan dapat mengikuti secara langsung bagaimana desain kaus pesanan tersebut di buat. Dan ternyata pesanan perusahaan semakin meningkat.
Tahun 1986 C59 beroprasi dengan 20 mesin jahit. Dan pada tahun 1990, C59 semakin berkembang dengan membangun pabrik dan fasilitas modern. Bersamaan dengan di bangunnya took retail (showroom) yang pertama di jalan Tikukur No.10. Pada tahun ini pula penjualan C59 semakin meningkat dengan dengan omzet di atas  Rp 1 miliar.
Periode tahun 1993-1994 C59 berdiri secara sah sebagai perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bapak Marius Widyarto Wiwied sebagai
Direktur Utama (hingga saat ini), yang di lanjutkan dengan ekspansi ke beberapa kota di Indonesia dengan membuka Toko sendiri dan bekerjasama dengan Ramayana Department Store sebagai saluran distribusi ke Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, ujung Pandang, Lampung dan Malang.

 CARA PEMASARAN KAOS C59
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM — Nama kaus bermerk C59 tentu tidak asing dalam dunia pakaian. Marius Widyarto atau yang akrab dipanggil Mas Wiwied adalah creator (pencipta) desain sekaligus pemilik pakaian tersebut yang semakin populer saat ini. Dengan kepiawaian menggagas desain pakaian, putra mantan pejabat tersebut terus meraih kesuksesan sebagai salah satu pengusaha pakaian nasional terbesar. Atas kesuksesannya, pria tukang sablon tersebut menyempatkan diri berbagi pengalaman dengan sejumlah warga kota Makassar dalam acara seminar bertajuk Kaospreneurship di Lompo Kencana Room, Hotel Mercure, Jl Dg Tompo No 8 Makassar, Minggu (25/9/2011).

Wiwied menganjurkan kepada calon-calon pengusaha agar memulai usaha dengan penuh rasa cinta dan kreatifitas. “Dalam berusaha atau berbisnis itu kita harus cinta dan kreatif. Kreatifitas penting demi menciptakan desain menarik yang kemudian menciptakan penawaran. Bisnis itu bukan modal, bisnis itu adalah penawaran, kalau anda sudah bisa menawarkan berarti anda sudah berbisnis,” kata Wiwied. Wiwied yang sejak kecil menyukai pekerjaan prakarya memulai usahanya dari rumahnya yang berukuran 60 m2 di Gang Caladi 59, yang akhirnya menjadi nama merk kausnya dengan modal awal dari hasil penjualan kado pernikahannya dengan Maria Goreti Murniati.
Filosofi bisnis Wiwied sendiri terinspirasi dari burung Caladi yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti burung pelatuk. Wiwied mengartikan Caladi sebagai 5 citra dan 9 cita-cita. Lima citra itu menggambarkan karakter sumberdaya manusia yang dimiliki C59 yakni, cakap, cerdik, cermat, cepat, dan ceria.

Sedangkan 9 cita-citanya adalah customersatisfaction, company profit, confident working atmosphere, control, collaboration, clear mind, creativity, dan consultative. Wiwied juga ingin seperti burung pelatuk Woody Woodpecker yang tidak mau kalah dari pesaingnya, dan bila kita perhatikan burung pelatuk selalu fokus ketika mematuk pohon, Wiwied pun ingin selalu fokus di bidang garmen. Salah satu kunci sukses Wiwied juga terletak pada penggalian ide desain yang tidak pernah berakhir, baginya riset desain sangatlah penting karena kekuatan produknya ada pada rancangan,apalagi industri t-shirt cepat berganti tren. Karyawannya pun mendapat kesempatan jalan-jalan untuk mencari ide-ide segar, bahkan ia membiarkan karyawannya untuk tidak masuk asalkan ketika ia masuk ia sudah membawa ide bagus. Setiap desain yang akan dikeluarkan harus dipresentasikan lebih dulu, kemudian setelah terpilih, baru dilanjutkan dengan prosesi produksi, pemilihan bahan,teknik cetak,warna, dan sebagainya.

Wiwied juga terlihat sangat piawai membangun networking, ia selalu berusaha membangun hubungan baik dengan supplier, support, customer, dan government. Ia sangat percaya bahwa relationship adalah kunci kesuksesan dari bisnis. Wiwied mengaku kalau dia merupakan biangnya koperasi,untuk itu ia juga mendirikan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan karyawannya, omset koperasinya saat ini sekitar Rp 600 juta. Ia bangga karena telah dapat mewujudkan impiannya untuk membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Mental entrepreneur Wiwied banyak ditempa ketika ia ikut seorang pengusaha keturunan di Bandung yang memperlakukannya secara keras.Pada awalnya Wiwied menjalankan usahanya dari order kanan kiri, ia juga ikut mendesain,memilih bahan, memotong,menjahit, menyablon sampai finishing disamping juga mencari order.
Usahanya meningkat ketika mendapatkan order dari Nichimen-perusahaan Jepang yang bergerak di bidang pestisida, kaus itu untuk dibagi-bagikan ke para petani. Usahanya semakin terasa meningkat setelah mengikuti kegiatan Air Show 1986 di Jakarta yang diikuti pula oleh para peserta dari mancanegara. Suatu ketika Wiwied merasa gusar lantaran melihat teman-temannya yang memamerkan kaos bergambar kota mancanegara buah tangan dari orang tuanya usai bepergian dari luar negeri, Wiwied kemudian tertantang untuk membuat sendiri kaus bergambar patung Liberty dan kota New York dan sesumbar bahwa omnya juga baru datang dari luar negeri,sejak saat itulah ia semakin dikenal sebagai orang yang piawai membuat kaus, sampai-sampai, ketika ia bekerja di sebuah perusahaan kontraktor, ia lebih sering didatangi orang untuk urusan pesanan kaus daripada untuk pekerjaannya. Wiwied kemudian juga merambah bidang retail yang bermula dari menjual sisa order yang tidak memenuhi syarat yang ternyata juga diminati orang. Setelah usahanya meningkat, pada tahun 1992, ia kemudian pindah ke Jalan Tikukur no.10 yang kemudian memborong rumah di sekitarnya yakni no.4,7,8,9 yang kemudian ia jadikan kantor dan showroom produknya. Selain itu ia juga membuka showroom di daerah lain,seperti Balikpapan, Bali,Yogya dan kota lain sehingga kini ia memiliki sekitar 600 outlet di Indonesia dengan mempekerjakan sekitar 4000 karyawan.

Di mancanegara,Wiwied memiliki 60 showroom yang tersebar di Slowakia,Polandia, dan Czech dan bahkan kini ia juga sudah merambah jaringan Metro Dept.Store di Singapura. Keberhasilannya menembus mancanegara bermula dari beberapa stafnya yang bersekolah di luarnegeri yang biasanya membawa satu dua koper kaus C59 dan dijual pelan-pelan di sana, kemudian diadakan survey yang tenyata pasar di sana menguntungkan karena memiliki empat musim, sehingga tidak hanya bisa menjual t-shirt namun juga sweater atau jaket. Wiwied juga memiliki sebuah pabrik di atas tanah seluas 4000m2 di daerah Cigadung, Bandung. Pabrik ini dibangun setelah mendapatkan kredit dari Robbie Djohan yang saat itu menjabat Dirut Bank Niaga pada tahun1993, ketika itu Bank Niaga memesan t-shirt ke C59. Di tahun yang sama pula ia mengubah bentuk usahanya menjadi PT.
Caladi Lima Sembilan. Keberhasilan Wiwied dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang telah ia terima, diantaranya Upakarti 1996, ASEAN Development Executive Award 2000-2001,Dan pemenang I Enterprise 50. Selain di Bandung, Makassar adalah rumah kedua bisnis pakaian Wiwied. Semua produk Distro, Dagadu, Chambers, Okko, dan beberapa produk lainnya adalah milik tukang sablon tersebut.(*)

Kesimpulan
Praktek kerja lapang atau disingkat pkl ini salah satu syarat kelulusan yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa/i. Dengan adanya PKL ini mahasiswa/i bisa terjun langsung ke tempat industri seperti Tahu Susu Lembang dan C59.
Mahasiswa/i harus bisa mencontoh kesuksesan yang di dapat dari pengusaha industri tersebut.
Terutama jurusan bisnis kewirausahaan di harapkan semua mahasiswa/i menjadi pengusaha dengan ilmu yang di dapat dari kegiatan Pkl ini dan memberi semangat kepada seluruh mahasiwa/i  untuk mencapai tujuan hidup di masa yang akan datang.

Saran
a.                  Tahu Susu Lembang

-          Tempat proses pembuatannya harus lebih tersusun rapih dan bersih
-          Membuka cabang-cabang lain di berbagai kota di Indonesia
-          Membuat variasi tahu baru
b.                  Caladi 59 (C59)
-          Memberikan harga yang terjangkau untuk masyarakat kalangan bawah
Memberikan tempat produksi yang lebih nyaman

Lampiran

                                         
   


















Ide Usaha Baru

a.                 BISNIS BONEKA BARBIE MUSLIM

Boneka merupakan permainan tertua yang paling populer di dunia. Boneka dianggap mampu merangsang imajinasi dan melatih anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Tidak aneh bila anak-anak menjadikan boneka sebagai teman bermain sehari-hari. Bentuk dan karakter boneka berkembang sesuai dengan budaya di tiap negara. Boneka dari Amerika tentu akan menggunakan pakaian yang sesuai dengan budaya daerah tersebut. Bila dibawa ke Indonesia bisa jadi tidak pas dengan budaya kita. 
Misalnya boneka Barbie yang berbaju bikini. Di negara asalnya bisa jadi hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Namun ketika dibawa ke Indonesia belum tentu cocok dengan budaya ketimuran kita. Apalagi dengan kebiasaan umat islam yang harus menggunakan pakaian yang menutup aurat. Tentunya ini kurang baik bagi perkembangan anak-anak kita.
Bagi anda yang jeli hal ini tentu merupakan sebuah peluang. Kenapa tidak dibuat saja barbie ala Indonesia dengan busana muslimnya? Model pakaiannya bisa anda sesuaikan dengan motif kain dari Indonesia seperti batik atau songket misalnya. Sedangkan desainnya bisa anda tiru dari pakaian muslim yang lagi tren di masyarakat. Tentunya anda juga bisa berkreasi dengan merancang sendiri mode pakaian yang sesuai dengan keinginan anda.
Agar model pakaiannya sesuai dengan keinginan anak, tidak ada salahnya menanyakan kepada anak perempuan di sekitar anda. Kalau dia suka bisa jadi produknya akan diterima oleh pasar. Karena kalau mengandalkan penilaian kita belum tentu anak-anak menyukainya. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah memilih warna bahan yang cerah seperti pink, kuning, dan merah karena lebih disukai anak-anak.
Busana Barbie muslim
Selain menjual boneka berbusana muslim anda juga bisa menjual bajunya saja secara terpisah. Biasanya harga baju Barbie muslim berkisar antara Rp. 25.000-35.000. Sedangkan boneka yang lengkap dengan busana biasanya dijual dengan harga Rp. 50.000 sampai Rp. 75.000 per buah.

Strategi penjualan
Untuk memasarkan boneka barbie muslim anda dapat menjual dengan beberapa cara. Bisa dengan menjual di toko sendiri, di pameran dan bazaar, atau menjadi supplier. Cara lain yang cukup efektif adalah dengan membuka toko online di internet.
Peluang pasar
Prospek bisnis boneka barbie muslim masih sangat luas. Selain di Indonesia juga berpeluang dipasarkan di negara-negara muslim seperti Malaysia, Singapura, Brunei dan Timur tengah. Biasanya permintaan meningkat menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri. Untuk itu anda harus siap dengan stok yang memadai untuk memenuhi permintaan konsumen.
Proses pembuatan
Untuk pembuatan baju boneka bisa anda tempuh beberapa cara. Pertama menjahit sendiri. Untuk itu anda membutuhkan mesin dan peralatannya. Cara kedua adalah dengan makloon. Anda menyuruh orang lain dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cara ketiga, membeli baju yang sudah jadi  langsung dari penjahit. Pengerjaan dan bahan-bahan disiapkan sendiri oleh penjahit. Kita tinggal membayar harga baju yang sudah jadi dengan harga yang disepakati. Biasanya berkisar antara Rp. 5000-10.000 perbuah bergantung kepada model dan bahan yang digunakan.
Namun yang perlu diperhatikan, anda harus jeli mencari mitra bisnis. Karena untuk menjahit pakaian boneka yang berukuran kecil, dibutuhkan penjahit yang memiliki ketelitian dan kesabaran ekstra.
Bahan baku
Bahan utama yang anda butuhkan adalah boneka barbie yang belum diberi baju. Anda bisa membelinya di Pasar Pagi Asemka, khususnya di toko yang menjual pernak-pernik boneka barbie. Sedangkan untuk kotak kemasan barbie bisa anda pesan sendiri ke percatakan.
Untuk bahan pakaian anda bisa membeli kain sisa pabrik atau konveksi. Kalau tidak ada, Anda bisa membeli kain meteran di toko kain yang tentu harganya lebih mahal. Sedang pernak pernik dan asesoris seperti pita, mote dan bahan lainnya bisa anda beli di toko-toko konveksi yang ada di daerah anda.
a.                  BISNIS RUMAHAN YOGHURT
Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt sering dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa buah, vanilla atau coklat juga populer
Untuk memproduksi yogurt, persiapan yang diperlukan adalah menyiapkan bibit yogurt, formula, bahan & peralatan produksi.

1. Untuk memulai usaha yogurt. Pertama kali kita memerlukan Bibit Yogurt Serbuk &Yogurt Maker (alat untuk memproduksi starter Yoghurt).


2. Setelah Starter Yoghurt terbentuk, Starter ini bisa di biakkan menjadi Yoghurt (sekala produksi) dgn bahan dasar susu sapi, menjadi Yoghurt yang siap jual (plain yoghurt).
3. Plain Yoghurt dapat diolah menjadi yoghurt aneka rasa, dengan
penambahan juice buah ,essence, pewarna, dan bahan tambahan
lainnya.
4. Produk Olahan Yogurt dari Buku Resep: Yoghurt rasa buah (Fruit Flavoured Yoghurt), Es Yogurt Nanas, Es Putih Salju, Es Mambo Yoghurt, Es Krim Yoghurt Vanilla, Es Yoghurt Pisang dan Madu, Milkshakes Yogurt Mocca dll.
5. Kemasan yang paling sederhana untuk produk Yoghurt memakai
Cup Sealer (mesin penutup gelas aqua).
YOGURT
Bahan Pangan “ajaib” Pecegah Penuaan Dini

Yoghurt pertama kali ditemukan oleh warga Turki. Awalnya para penggembala domba menyimpan susu hasil perahannya pada kantung yang terbuat dari kulit domba. Setelah disimpan beberapa waktu, susu terfermentasi oleh bakteri sehingga menjadi asam, teksturnya mengental namun tidak basi. Hasil temuan inilah yang berkembang menjadi yoghurt seperti kita kenal sekarang.

Dalam perkembanganya, yoghurt menjadi produk pangan yang diterima dengan baik bahkan menjadi salah satu bahan pangan favorit di seluruh belahan bumi, temasuk Indonesia. Mudahnya masyarakat menerima yoghurt karena cita rasanya khas, lembut, asam, segar dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman).
Resep Cara Membuat Yoghurt

            Yoghurt adalah produk yang dibuat dengan cara mengasamkan susu dengan bakteri asam laktat. Starter yang digunakan biasanya lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Bakteri ini ditambahkan ke dalam susu yang telah dipasteurisasi, kedua bakteri inilah yang akan memfermentasi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Dalam tahap ini akah di hasilkan flavour yoghurt yang khas, cita rasanya asam dan teksturnya mengental karena koagulasi protein susu oleh asam.

            Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di AS, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Aneka Jenis Yoghurt
Di pasaran banyak dijumpai aneka jenis yoghurt. Plain yoghurt adalah salah satunya, yoghurt ini warnanya putih dan rasanya asam. Jenis ini cocok untuk campuran aneka jenis masakan, kue, pudding atau minuman karena cita rasanya netral. Selain plain yoghurt, ada juga fruit yoghurt, jenis yang di dalamnya sudah ditambahkan sari dan potongan buah-buahan. Fruit yoghurt lezat dimakan langsung karena sudah ditambahkan aneka buah untuk memperkaya rasa. Selain rasa buah, kini banyak juga kita jumpai yoghurt dengan aneka rasa seperti coklat, vanilla dan mocca.

Lezat Untuk Masakan
Cita rasa yoghurt yang creamy, asam dan segar tidak Cuma lezat dikonsumsi langsung. Aneka jenis masakanpun lebih lezat jika Anda menambahkan yoghurt ke dalamnya. Jika anda membuat satai atau olahan dari daging seperti shish kabab atau chicken tandori, cobalah menambahkan plain yoghurt dalam bumbu perendam. Hasilnya selain memperkaya nilai gizi, olahan daging pun akan lebih empuk, gurih dan lezat. Hidangan lain yang cocok dikombinasikan dengan yoghurt adalah ceam soup, saus salad, pudding, ice cream dan minuman segar seperti juice.
Manfaat Terkandung
Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat.
Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu. Yoghurt kaya dengan vitamin B.
Ditilik dari komposisi zat gizinya, yoghurt sangat tinggi kalsium dan zat besi, zat yang baik untuk mencegah keropos tulang . Berdasarkan sumber The Wellness Encyclopedia (1991) menyebutkan bahwa setiap 227 gr yoghurt mengandung 275 – 400 mg kalsium, angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sumber kalsium yang lain. Kandungan gizi lain adalahvitamin B-komplek untuk kesehatan reproduksi, protein untuk pertumbuhan, mineral dan vitamin lain untuk menjaga dan memelihara kesehatan sel tubuh.


            Bagi para penderita lactose intolerance, yoghurt dapat menjadi pengganti susu karena laktosa sudah dirubah menjadi asam laktat sehingga aman untuk dikonsumsi. Lain halnya dengan penelitian Ellie Metchnikoff (pemenang nobel kedokteran 1908). Hasil penelitiannya yang dilakukan di Balkan menyimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kosumsi yoghurt dengan panjang umur. Terbukti, penduduk Balkan yang banyak mengkonsumsi yoghurt mempunyai usia yang panjang (± 87 tahun). Menurut Ellie, kebiasaan mengkonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri aktif bermanfaat untuk mencegah terjadinya keracunan akibat radikal bebas(penyebab kanker ) dan penuaan dini.

            Untuk manfaat maksimal, pilih yoghurt yang tanpa bahan pengawet, pemberi rasa dan warna. Plain yoghurt adalah pilihan yang baik, selain mengandung bakteri aktif yang baik untuk system pencernaan, jenis ini juga tanpa penambahan bahan-bahan kimia berbahaya. Jangan lupa untuk menyimpanya dalam suhu dingin karena yoghurt tinggi protein dan mengandung bakteri aktif yang mudah rusak jika disimpan pada suhu ruang.


a.                  Bisnis pudding kedelai

Proses produksi puding tofu ini diawali dengan mengolah biji kedelai menjadi bubuk. Lalu, bubuk kedelai dicampur air dari mata air pegunungan di Ciawi.  Selanjutnya ditambahkan gula putih dan rasa alami. Ada tiga pilihan rasa, yaitu manis, jahe, dan kopi. Untuk puding beraroma jahe dan kopi, dicampurkan jahe atau kopi yang digiling halus.
Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak 30 menit. Setelah didinginkan sesaat, dituang ke dalam wadah dan dikemas dengan label merek Soylicious. Lalu dimasukkan ke ruang pendingin selama 5 menit. Kemudian, puding yang sudah dikemas direndam sesaat di dalam air mentah, lalu dikemas dalam dus. Untuk mempertahankan rasa, dus puding dimasukkan ke gudang pendingin dengan suhu 2 derajat sampai 7 derajat celcius.
Zehat rutin memproduksi puding setiap tiga hari sekali. Produksinya mencapai 40.000 pieces per bulan dengan harga Rp 4.000 per pieces.
Zehat memasarkan tofu puding buatannya ke Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Bali. Produk ini juga sudah dipasarkan di beberapa hipermarket besar seperti Sogo, Giant dan Carrefour.
Menurut Agus, setiap bulan Zehan bisa menjual 90 persen dari total produksi mereka. Omzet nya sekitar Rp 144 juta per bulan dengan marjin Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. Karena tanpa tambahan pengawet, tofu pudding ini hanya bisa tahan satu bulan.
Karena masa kadaluarsa yang terbilang singkat inilah, Zehat ragu memasarkan tofu puding ke wilayah Sumatera. “Mungkin dengan membangun pabrik di sana, kerjasama dengan distributor, atau cara lainnya, masih dipertimbangkan,” papar Agus.
Saat ini, Zehat dalam tahap pengenalan dan penanaman imaji produknya sebagai produk olahan kedelai yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet. “Untuk menjaga imaji, kami tidak bisa memperpanjang masa kadaluarsa dengan memakai bahan pengawet,” ujar Agus.  Zehat berencana menghadirkan tofu puding rasa baru untuk menambah pilihan bagi para konsumen.








































Tidak ada komentar:

Posting Komentar